Ibadah yang Pahalanya Seperti Haji & Umrah

Daftar Isi
Ibadah yang Pahalanya Seperti Haji & Umrah

Haji dan umrah merupakan ibadah yang komplit, yaitu gabungan dari fisikal dan finansial. Banyak orang orang tidak wajib haji karena tidak ada biaya atau tidak memiliki fisik yang kuat.

Namun, terkadang banyak orang muslim yangbelum tahu bahwa ada ibdah yang sedehana yang mengantarkan seorang hamba dengan pahala haji dan umrah dengan sempurna.

Ibadah apa itu? Ialah shalat Shubuh berjamaah, kemudian setelah itu menetap duduk di tempat tersebut (masjid/majlis), kemudian sampai nanti terbitnya Fajar terbitnya matahari anda melakukan ibadah maka anda mendapatkan pahala besar dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Disebutkan dalam hadis dari Nabi Muhammad Saw, Imam Tirmidzi meriwayatkan hadis, dikatakan hadis ini adalah hadis yang Hasan, diterima dan hadis yang benar dan sah:

[عن أنس بن مالك:] من صلّى الغداةَ في جماعة، ثم قعد يذكر اللهَ حتى تطلُعَ الشمسُ، ثم صلّى ركعتَين، كانت له كأجرِ حجَّةٍ وعمرةٍ، تامَّةٍ تامَّةٍ تامَّةٍ. (أخرجه الترمذي)

Artinya: “Barang siapa melakukan Shalat Subuh berjamaah kemudian duduk menyebut nama Allah (berzikir) sampai terbit matahari. Kemudian melakukan shalat dua rakaat, maka bagi orang tersebut adalah mendapatkan pahala seperti Haji dan umrah dengan sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Imam At-Tirmidzi)

Artinya tentang keutamaan shalat subuh berjamaah adalah luar biasa, maka dari itu jangan sampai tertinggal berjamaah, jangan sampai anak kita ketinggalan, dengan membawa mereka ke tempat jamaah.

Karena ada jaminan, hamba-hamba yang rindu jaminan pahala seperti Haji dan umrah secara sempurna, serta jaminan ini berasal dari Allah Ta’ala, pertolongan dari Allah, Subhanahu wa Ta’ala.