Umrah Sebelum Haji Hukumnya Haram, Benarkah?

Daftar Isi

Bagaimana hukumnya umrah dulu sebelum berhaji? Karena ada orang menyebutkan haram hukumnya pergi umrah sebelum mendaftar haji. 

Jawaban:

Umrah itu hukumnya wajib. Bila mampu umrah, lakukan umrah, karena umrah wajib. Sementara Haji juga wajib hukumnya. Baik haji maupu umrah hukumnya sama-sama wajib.

Namun, biasanya orang bicarakan haji karena dalam haji ada umrah. Kalau mampunya umrah dulu, silakan lakukan umrah terlebih dahulu. Biarpun seseroang mampu haji, boleh dia umrah dulu nanti hajinya berikut.

Sebab haji dalam Mazhab kita Imam As-Syafi’i wajib ‘على التراخي’, artinya kewajiban yang boleh ditunda, nanti atau tahun berikutnya, tahun berikutnya. Yang penting ada azam (cita-cita yang kuat) dalam hatinya untuk mengerjakan haji.

Barangkali ada yang menganggap sebagai umrah sunnah. Bahkan, kalaupun seandainya umrah sunnah, seseorang boleh melakukan umrah sebelum dia melaksanakan ibadah haji.

Hal semacam ini tidak ada perbedaan di antara ulama. Yang tidak boleh adalah orang menghindar dari haji. Sebab ibadah haji ialajh dengan azam.

Oleh karena itu, bila ada orang mengatakan umrah haram sebelum haji, itu artinya ia salah baca dan memahaminya. Umrah adalah wajib dalam Mazhab imam syafii yang dikukuhkan seumur hidup sekali.

Sama halnya dengan umrah, Ibadah haji juga hukumnya wajib seumur hidup sekali. Keduanya Haji dan umrah adalah kewajiban masing-masing.

Kalau orang bisa melaksanakan sekaligus keduanya, yakni haji dan umrah, alhamdulillah, selesai. Sebab dalam melaksanakan haji pasti ada umrah.

Maka jika seseorang belum pernah melaksnaakan haji, lalu dia umrah umrahnya jatuh sebagai umrah wajib, Wallahua’lam.