Hadis Wudhu Dilakukan Tiga Kali dan Penjelasannya

Daftar Isi
Hadis Wudhu Dilakukan Tiga Kali dan

Hadis Wudhu Dilakukan Tiga Kali dan Penjelasannya

Wudhu Dilakukan Tiga Kali-Tiga Kali, Dari Atha’ bin Yazid, ia memberitahukan bahwa Humran, budak Usman bin Affan r.a memberitahunya hahwa ia pernah menyaksikan Usman bin Affan minta dibawakan bejana (yang berisi air).

Kemudian ia membasuh kedua telapak tangannya tiga kali, lalu mencucinya, maksudnya membersihkan kedua telapak tangannya sebelum memasukkan ke dalam bejana. 

Setelah itu, ia memasukkan tangan kanannya ke dalam bejana, lalu berkumur dan beristinsyaq (memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkannya lagi), lalu membasuh wajahnya tiga kali, kedua tangannya sampai sampai ke siku sebanyak tiga kali.

Selanjutnya in membasuh kepalanya, kemudian membasuh kedua kakinya sampai pada kedua mata kakinya sebanyak tiga kali. Setelah itu ia berkata, Rasulullah Saw bersabda:

من توضأَ نحو وضوئي هذا، ثم صلّى ركعتينِ، لا يُحَدِّثُ فيهما نفسَه بشيءٍ، غُفِرَ له ما تقدَّم من ذنبِه. 

Artinya: “Barangsiapa yang berwudhu seperti wudhuku ini, kamudian mengerjakan shalat dua rakaat, yang antara kedua shalat itu ia tidak membicarakan dirinya, maka ia akan diberikan ampunan atas dosa-dosanya yang telah berlalu.”

(M. Abdul Ghoffar, Terjemah Jawahir Al Bukhari)