Apakah Orang yang Sudah Umrah Masih Harus Segera Haji?

Daftar Isi

Sudah Umrah Masih Harus Segera Pergi Hajikah?

Apabila seseorang telah melaksnakan ibadah umrah, apakah kewajiban haji masih seperti semula sebelum mengerjakan umrah? Juga sebaliknya seetelah menunaikan ibadah haji, Apakah masih ada kewajiban untuk melakukan ibadah umrah di saat kita mampu ?

Haji adalah kewajiban dan umrah adalah kewajiban, keduanya adalah ibadah yang sama-sama bernilai wajib. Ibadah haji wajib sekali seumur hidup dan iabdah umrah juga wajib seumur hidup sekali. 

Nah, bagi orang yang belum bisa bisa melaksanakan Haji dan ia hanya mampu umrah, maka umrahnya jatuh sebagai wajib. Sehingga tidak benar bila ada informasi yang menyebutkan bahwa siapa yang belum Haji tidak boleh umrah.

Artinya saat seseorang hanya bisa umrah, maka laksanakan Ibadah Umrah dulu. Sebab umrah pertama jatuh sebagai umrah wajib.

Lantas, bagaimana dengan ibadah haji? Haji tetap wajib nanti. Apakah orang haji wajib umrah lagi?

Nah, bila Haji langsung didalamnya seharusnya ada umrahhnya. Sebab amalan Haji digabung dengan amalan umrah. Oleh karena itu, apabila seseroang melakukan ibadah haji, maka ada umrah di dalamnya. Sementara kalau melakukan umrah, tidak ada haji di dalamnya.

Jadi, Iabdah Haji dan umrah meperupakan dua kewajiban yang sifatnya masing-masing dan wajibnya secara terpisah.

Apabila seseorang melakukan haji pertama, maka dia melaksanakan kewajiban Haji dan kewajiban umrah sekaligus. Sehingga setelah itu tidak wajib lagi Haji dan umrah, kecuali karena nazar.

Kemudian jika seseorang melakakuan umrah pertama jatuh wajib. Lalu, bagaimana Haji? Terus, hajinya juga tetap wajib. Tidak ada masalah apa-apa pada hal ini.

Semoga Allah mudahkan kita untuk Haji dan juga Allah mudahkan untuk melakasanakan iabdah Umrah, Wallahua’lam. (https://www.youtube.com/watch?v=5OGPNX2fYfg)